Resep Semur Daging Sapi

Daging sapi bisa dibilang merupakan pilihan daging yang cukup mewah. Walaupun rasanya sangatlah lezat, harganya yang cukup mahal membuat kita tidak sering membeli dan mengolahnya dengan alasan ekonomi. Namun, sesekali memanjakan keluarga dan diri sendiri dengan mengolah daging sapi yang lezat tidak salah bukan? Terutama karena ada banyak sekali masakan hasil olahan sapi yang enak dan lezat. Salah satunya adalah resep semur daging sapi.

Resep Semur Daging Sapi

Masakan yang khas berasal dari daerah Sunda dan juga Betawi ini mempunyai rasa yang lezat dengan bumbu kompleks. Cocok sekali untuk dinikmati bersama-sama dengan keluarga besar. Masakan ini terutama sangat cocok jika dihidangkan pada saat Idul Qurban, di mana hasil daging kurban hari itu biasanya dibagi-bagikan ke orang banyak.


Dalam resep ini, bahan baku utama dalam masakan, yaitu daging sapi, disarankan untuk direbus dalam proses pembersihannya, dan bukan dicuci. Potong daging kecil-kecil dan rebus sebentar, maka kotoran dan darah akan terangkat. Selain itu, berikut bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan:

·      Daging sapi has dalam, 500 gram, rebus sebentar agar kotoran terangkat.
·      Bawang merah, 8 buah, kupas.
·      Tomat merah besar, 1 buah.
·      Cabai merah besar, 5 buah.
·      Jahe, 5 cm, kupas bersih.
·      Kemiri, 3 buah.
·      Serai, 2 batang.
·      Cengkeh, 5 buah.
·      Merica halus, ½ sendok teh.
·      Pala bubuk, ½ sendok teh.
·      Garam, 1 sendok teh.
·      Kecap manis kental, 100 ml.
·      Air bersih, 1,2 liter.
·      Minyak goreng secukupnya.

Setelah semua bahan tersebut telah siap, beginilah langkah-langkahnya.

1. Potong-potong daging has dalam sapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Sebisa mungkin jangan terlalu besar sehingga bumbu bisa meresap masuk.
2. Siapkan panci yang sudah diisi dengan air bersih, rebus potongan daging tersebut sampai empuk.
3. Sambil menunggu rebusan daging, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, dan tomat untuk dipakai menumis nanti.
4. Siapkan penggorengan. Tuang minyak secukupnya.
5. Masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tersebut ke penggorengan, lalu tumis menggunakan api ukuran sedang. Masak sampai bau harum tercium.
6. Tambahkan rempah-rempah dan bumbu cengkeh, serai, pala bubuk, garam, dan merica ke dalam tumisan. Aduk dan masak sampai semua rata.
7. Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan daging tersebut.
8. Masukkan daging ke dalam campuran tumisan tersebut, masak dan aduk sampai semua rata.
9. Kembali masukkan daging beserta dengan bumbu tumisan ke dalam panci yang sudah berisi air kaldu dari rebusan daging tadi.
10. Aduk daging dan bumbu di dalam air kaldu sampai lunak.
11. Tambah garam dan kecap manis, aduk terus, tekan daging untuk memeriksa apakah sudah empuk.
12. Cicipi masakan Anda, tambahkan garam atau kecap manis jika masih terasa kurang.
13. Saat daging empuk dan air sudah tiris, semur siap disajikan.

Begitulah langkah-langkah dalam memasaknya, Pastikan bahwa daging sapi yang kita masak benar-benar sudah empuk dan tidak alot agar mudah untuk dimakan. Selain itu, agar masakan lebih sedap, bisa ditambahkan dengan kentang saat proses memasaknya. Semur daging sapi ini merupakan masakan yang sangat mengandalkan bumbu di dalamnya, sehingga Anda harus memastikan bahwa semua bumbu yang dipakai sudah benar-benar meresap ke dalam daging. 

No comments:

Post a Comment