Cara Memasak Daging Sapi Enak

Masakan yang terbuat dari bahan dasar daging memang sangat lezat rasanya dan banyak disukai orang. Diakui, daging yang paling dianggap lezat sebagai bahan masakan adalah daging sapi. Rasa daging tersebut, apalagi jika diolah dengan benar, sangatlah lezat dan nyaris tidak ada tandingan. Meskipun harga bahan bakunya cukup mahal, lebih mahal daripada harga daging yang lain, nyatanya banyak orang yang masih menyukainya dan menuliskan berbagai tips untuk cara memasak daging sapi enak.

Meskipun Anda mungkin tidak sering mengolah masakan menggunakan daging sapi, Anda tetap perlu tahu bagaimana tips agar daging sapi empuk. Karena jika salah langkah, bisa-bisa bukannya masakan daging yang empuk nan lezat yang Anda hasilkan, tetapi masakan yang dagingnya alot dan rasanya kurang mantap. Untuk menghasilkan daging sapi yang lezat dan dapat dinikmati keluarga, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan lebih dahulu.

Cara Memasak Daging Sapi Enak

Yang pertama dalam mengetahui resep daging yang enak adalah menggunakan potongan daging yang tepat. Jika Anda ingin membuat steak, maka potongan seperti tenderloin dan sirloin lah yang cocok. Begitu pula dengan masakan lain, Anda harus menyesuaikan potongan yang pas. Selain itu, disarankan untuk tidak mencuci daging sapi sebelum dimasak, tetapi sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Jika dicuci sebelum dimasak, justru bakteri akan masuk ke dalam daging.

Memilih potongan daging yang tepat bagi masakan sapi sangatlah penting. Beberapa contohnya adalah:

 Pilih bagian lamusir untuk hidangan rebusan seperti rawon dan soto.
 Jika ingin membuat kaldu, maka bagian paha dan tulang adalah bagian yang terbaik.
 Untuk pembuatan rendang, memilih daging paha sangatlah cocok karena tidak mudah hancur.
 Jika masakan daging tidak perlu waktu lama, seperti tumisan, atau masakan daging gulung, maka menggunakan daging has adalah pilihan tepat.
- Untuk steak, seperti yang telah disebutkan di atas, pilih tenderloin atau sirloin karena bagian tersebut adalah bagian paling empuk.

-  Jangan mencuci atau merendam daging sapi dalam waktu lama sebelum memasak karena akan membuat kaldu daging keluar semua dan daging sapi menjadi hambar dan keras.

-  Saat memotong daging sapi, potong berlawanan dengan arah tujuan serat daging. Kenapa? Karena cara ini akan memudahkan serat untuk menyatu saat daging masuk ke dalam air panas.

-  Saat merebus daging sapi, sebaiknya dimulai dengan merebus daging sapi dalam air dingin lebih dahulu dan bukan air panas. Jika langsung menggunakan air panas, maka pori-pori daging akan tertutup sehingga bumbu tidak dapat meresap maksimal.

-  Waktu yang paling baik dalam merebus adalah 30 menit atau setengah jam. Dalam waktu tersebut, daging sudah empuk dan siap dimasak.

-  Ada baiknya jika sebelum memasak daging sapi dilumuri dengan potongan nanas terlebih dahulu agar lebih cepat empuk.

Tentu saja, resep ini memerlukan kualitas daging yang memang baik. Jika Anda sudah memilih daging yang tepat, maka langkah pertama dari memasak sudah terlampaui dengan baik. Jika masih ada sisa daging setelah memasak, sebaiknya daging segera disimpan di dalam kulkas agar tidak busuk. Tidak perlu dimasukkan langsung ke dalam freezer, cukup di dalam kulkas sampai daging sudah benar-benar dingin merata, baru kemudian dimasukkan ke dalam freezer. Hal ini untuk mencegah agar daging tidak membusuk di bagian dalam.

No comments:

Post a Comment