Cara Memasak Nasi Supaya Tidak Cepat Basi

Nasi merupakan salah satu makanan wajib atau pokok khususnya bagi masyarakat asli Indonesia. Makanan kaya akan karbohidrat ini selalu dikonsumsi baik ketika sarapan, makan siang maupun makan malam dalam berbagai bentuk olahan. Bisa sebagai nasi putih yang ditemani lauk pauk dan sayur atau nasi goreng dan aneka varian nasi yang ada di Indonesia sendiri. Akan tetapi, tidak sedikit dari para ibu yang terkadang merasa kesal karena nasi yang dimasak menggunakan rice cooker mereka ternyata cepat basi dan berbau. Lalu, bagaimana cara memasak nasi supaya tidak cepat basi? Karena tentunya sangat melelahkan jika harus menanak nasi terus menerus ketika ingin makan.

Cara Memasak Nasi Supaya Tidak Cepat Basi

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar nasi yang ditanak menggunakan rice cooker menjadi lebih tahan lama atau tidak mudah basi. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan jeruk lemon atau daun pandan. Caranya yaitu:

1.    Bersihkan atau cuci beras yang akan dimasak,
2.    Pastikan takaran beras dan airnya sesuai (takaran airnya jangan terlalu banyak),
3.    Tambahkan air perasan jeruk lemon (1 liter beras=½ buah jeruk lemon) atau 2 sampai 3 helai daun pandan kedalam wadah yang digunakan menanak beras,
4.    Masak beras di dalam rice cooker hingga matang.

Kunci untuk membuat nasi lebih bertahan lama dan tidak mudah basi sebenarnya adalah pada takaran air ketika memasak. Keberhasilan resep ini bergantung pada hasil beras yang ditanak, terlalu lembek ataukah tidak. Takaran air yang terlalu banyak ketika memasak beras mengakibatkan hasil nasi yang terlalu lembek sehingga menjadi cepat basi dan mengeluarkan air seperti lendir. Oleh karena itu, penting sekali untuk menambahkan air perasan lemon kedalam tanakan agar kualitas nasi tetap terjaga. Selain bisa mempertahankan kelayakan nasi, menggunakan bantuan jeruk nipis juga bisa membuat warna nasi menjadi lebih bersinar. Sedangkan pandan akan membuat nasi menjadi lebih harum dan terasa lebih gurih. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment