Cara Memasak Nasi Liwet Sunda

Indonesia mempunyai nasi sebagai bahan makanan pokoknya. Karena itu, tidaklah mengherankan jika banyak masakan tradisional yang lantas memanfaatkan bahan makanan dari padi ini, salah satunya adalah nasi liwet. Masakan nasi yang berasal dari daerah Sunda ini mempunyai karakteristik rasa nasi yang sangat gurih dan lezat karena dimasak dengan berbagai campuran rempah dan bumbu khas Indonesia. Dimakan saat panas, rasanya semakin nikmat. Jika Anda ingin merasakan variasi sebagai selingan dari nasi biasa sehari-hari, Anda bisa mencoba resep nasi liwet sunda berikut ini.

Cara Memasak Nasi Liwet Sunda

Bahan-bahan.

·      Beras pulen, 1 liter (merek Cianjur jika bisa),
·      Bawang putih, 6 siung,
·      Daun sereh, 2 batang, sudah dikeprek,
·      Daun salam, 5 lembar,
·      Air beras, secukupnya,
·      Gula pasir, secukupnya,
·      Garam, secukupnya.

Setelah bahan-bahan di atas siap, berikut adalah cara memasaknya:

1.    Beras dicuci hingga bersih lebih dahulu.
2.    Bawang putih dikupas, diiris tipis-tipis, dan kemudian goreng sampai kering, tiriskan.
3.    Masukkan beras ke dalam rice cooker, tambahkan air sedikit lebih banyak daripada takaran menanak nasi yang normal.
4.    Masukkan daun salam dan daun sereh yang sudah dikeprek ke dalam rice cooker.
5.    Masukkan pula gula, garam, dan bawang putih goreng.
6.    Tunggu kurang lebih 30 menit sampai nasi masak.
7.    Nasi liwet sunda siap disajikan.

Saat memasak, nasi akan terasa lebih gurih jika Anda menambahkan ikan teri. Nasi liwet ini paling nikmat dimakan saat panas-panas, saat asapnya masih mengebul. Ditemani dengan pelengkap seperti ayam goreng, teri dimasak balado, tahu goreng, tempe goreng, sambal, dan lalapan, nasi liwet akan semakin terasa lezat. Nasi liwet dapat dihidangkan pada saat pertemuan keluarga, saat perayaan, atau sebagai variasi dari masakan sehari-hari. Menu tradisional ini sangatlah lezat dan merupakan salah satu bukti kekayaan kuliner dari bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment