Cara Memasak Nasi Bali

Sebagai pulau yang menjadi tujuan wisata, Bali dan berbagai makanan khasnya sudah banyak dikenal hingga ke mancanegara. Salah satu masakan khas dari Pulau Dewata ini adalah Nasi Bali atau Nasi Jinggo. Nasi ini pada mulanya hanya dimakan oleh sopir-sopir yang mengantarkan barang dagangan ini sekarang sudah tersebar luas di Bali. Meskipun kebanyakan penjualnya adalah warung-warung di pinggir jalan, peminatnya tidak hanya dari kalangan bawah, tetapi dari semua kalangan. Penasaran ingin mencoba? Anda bisa melihat cara memasak Nasi Bali berikut ini.

Cara Memasak Nasi Bali

Bahan-bahan.

· Nasi putih
· Kering tempe

Sambal sero.

. Cabai keriting, 5 buah
. Cabai rawit, 10 buah
. Terasi, 1 sdt
. Garam, ½ sdt
. Gula pasir, ½ sdt
. Minyak, 4 sdm

Serundeng.

. Kelapa, 1 buah, parut kasar
. Lengkuas, 2 cm
. Serai, 2 batang
. Daun salam, 2 lembar
. Air, 150 ml
. Gula, 2 ½ sdm
. Minyak, 2 sdm

Bumbu halus.

. Bawang merah, 8 buah
. Bawang putih, 3 siung
. Ketumbar, 1 sdm
. Kemiri, 2 butir
. Asam jawa, ½ sdt
. Gula merah, 4 sdm
. Garam, 1 ½ sdt

Langkah-langkahnya.

1.Untuk sambal: cabai dan terasi ditumis harum, haluskan. Panaskan minyak, tambahkan cabai dan        terasi halus, gula, dan garam, masak.
2.Untuk serundeng: Masak kelapa, bumbu halus, serai, lengkuas, serta daun salam. Aduk rata.          Tambah air dan gula pasir, masak hingga cokelat. Masukkan semua ke dalam minyak, goreng dan  aduk hingga bumbu masuk ke dalam.

Dalam penyajiannya, nasi putih ditambah dengan sambal sero dan serundeng dapat dilengkapi dengan ayam khas Bali yang disebut Pelalah, ditambah dengan sate lilit dan tempe goreng. Disajikan dalam keadaan hangat dan masih mengepul, rasa Nasi Jinggo atau Nasi Bali ini sangatlah nikmat. Untuk menambah unik, Anda bisa menaruh nasi di atas daun pisang untuk aroma khas.

No comments:

Post a Comment