Cara Memasak Ayam Bakar Kalasan

Ayam bakar kalasan sebenarnya merupakan nama makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah. Cara memasak ayam bakar kalasan sendiri sebenarnya cukup unik, dimana bahan dasar ayam segarnya terlebih dahulu diungkep baru kemudian di bakar. Biasanya menu ayam bakar yang satu ini disajikan lengkap dengan sambal limau beserta lalap sayuran lengkap yang masih segar.

Resep Ayam Bakar Kalasan

Bahan-bahan.

·      1 ekor ayam kampung utuh, belah tetapi jangan sampai terputus,
·      3 lembar daun salam,
·      2 cm lengkuas, cukup dimemarkan,
·      2 batang serai, memarkan,
·      50 gram gula merah, disisir halus,
·      500 cc santan,
·      250 cc air kelapa,
·      Lalapan mentah segar secukupnya.

Bumbu halus:

·      5 siung bawang putih,
·      7 butir bawang merah,
·      5 butir kemiri,
·      ¼ sendok teh jintan,
·      Garam secukupnya.

Bahan sambal:

·      6 buah cabai rawit merah,
·      ½ sendok teh terasi,
·      ½ sendok teh gula merah,
·      2 buah jeruk limau,
·      Garam secukupnya.

Cara memasak:

1. Masak air kelapa, santan dan bumbu halus. Tambahkan lengkuas, serai dan daun salam. Masak sampai semua bumbu benar-benar matang dan mendidih lalu masukkan ayam dan gula merah. Masak kembali sampai semua bumbu meresap dan kuah menyusut.
2. Bakar ayam diatas bara api dengan bantuan penjepit bakaran ayam hingga benar-benar matang dan berwarna kecokelatan, angkat dan sisihkan.
3. Kemudian buat sambal limau sebagai pendampingnya. Caranya dengan menghaluskan semua bahan sambal yang sudah disiapkan (kecuali limau). Peras air limau dan tambahkan ke dalam sambal, aduk merata.

Ayam bakar kalasan dan sambal limau sudah siap dinikmati. Sangat mudah bukan resepnya yang lezat n istimewa? Siapa pun bisa membuatnya, asalkan memiliki tekad yang kuat untuk bisa dan mengikuti semua petunjuknya dengan benar. Ingat! ayam bakar kalasan sangat khas karena daging ayamnya yang terlebih dahulu diungkep, jadi pastikan bahwa anda tidak sampai mengabaikan langkah yang satu ini.

No comments:

Post a Comment