Cara Memasak Nasi Kebuli Kambing

Nama nasi kebuli mungkin memang masih terdengar asing bagi sebagian orang. Masakan ala Timur Tengah ini sendiri merupakan hidangan yang kaya akan bumbu beraroma lezat dengan cita rasa tinggi. Nasi kebuli kambing ala Indonesia sebagian besar dikenal di wilayah Betawi, karena pada dasarnya masyarakat Betawi gemar menyajikan kuliner yang satu ini. Akan tetapi, bukan berarti bagi yang tinggal di daerah lain tidak bisa ikut menikmati nya. Mengingat cara memasak nasi kebuli kambing tidak terlalu rumit, jadi anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sebelum memulai untuk mencoba resepnya, tentu saja anda harus terlebih dahulu menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Untuk bisa menyiapkan kebutuhan bahan dan bumbu tersebut anda bisa mendapatkan nya dari pasar tradisional atau supermarket terdekat di daerah anda. Dimana bumbu rempah yang digunakan pada umumnya adalah rempah-rempah yang biasa anda gunakan memasak aneka menu lezat spesial sehari-hari.

Cara Memasak Nasi Kebuli Kambing

  Bahan dan bumbu utama:

·      Beras secukupnya,
·      Kaldu kambing,
·      Susu kambing secukupnya,
·      Kayu manis,
·      Cengkeh,
·      Ketumbar,
·      Bawang merah,
·      Teh adas,
·      Jintan,
·      Bawang putih,
·      Pala,
·      Jahe,
·      Merica,
·      Serai,
·      Cengkeh,
·      Kapulaga,
·      Kembang lawang,
·      Garam dan penyedap rasa,
·      Daging kambing.

  Pelengkap:

·      Tomat
·      Mentimun
·      Kismis
·      Emping
·      Wortel.

Setelah semua bahan dan bumbu siap, langkah selanjutnya adalah memulai memasak nasi kebuli rasa kambing di dapur kesayangan anda. Sebenarnya resep ini tidak terlalu berbeda dengan menanak nasi biasa, hanya saja ada beberapa bahan yang diganti kan di dalam proses memasak nasi kebuli. Misalnya seperti air yang diganti kan dengan campuran kaldu, susu kambing atau santan. Nasi kebuli kambing yang lezat pada dasarnya dimasak dengan menggunakan proses tradisional dari proses ke proses hingga benar-benar matang. Maka tidak heran jika nasi kebuli kambing memiliki cita rasa lezat yang luar biasa. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang sudah berhasil mempraktekkan untuk memasak nasi kebuli menggunakan rice cooker.

No comments:

Post a Comment