Cara Membuat Tahu

Tahu adalah makanan yang sangat dikenal orang-orang Indonesia. Makanan ini bisa dibilang merupakan salah satu menu sehari-hari banyak orang. Teksturnya yang halus dan kemudahan dalam mengolah membuatnya menjadi favorit banyak orang. Selain itu, makanan sederhana ini ternyata mengandung banyak nutrisi dan gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Tidak heran jika orang-orang di luar negeri banyak yang kemudian mengembangkan cara membuat tahu dalam menu mereka.

Tahu sendiri sudah diketahui banyak orang Indonesia, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Resep ini sebenarnya tidak sulit untuk dibuat, hanya perlu kesabaran dan ketelitian saja. Bagi yang tidak suka repot, tentu bisa membelinya di pasar atau supermarket, tetapi mengetahui cara pembuatannya tentu akan berguna, apalagi jika Anda berniat membuka usaha.

Cara Membuat Tahu

Yang paling perlu diperhatikan dalam resep ini adalah memilih bahan baku yang berkualitas, terutama kedelainya. Dengan mengetahui proses dalam pembuatan makanan umum yang ada di Indonesia ini, kita akan mampu mengontrol seberapa banyak nutrisi atau gizi yang ada di tahu dan bisa mengetahui persis hal-hal apa yang sebaiknya dilakukan saat proses pembuatan makanan yang satu ini.

Sebagai langkah pertama, maka kita perlu menyiapkan alat dan bahannya, yaitu:

Bahan:
·      Kacang kedelai, 1 kg, sudah direndam semalam.
·      Cuka makan, 100 ml.
·      Air.

Alat:
·      Panci besar.
·      Blender.
·      Serbet makan.
·      Saringan.

Setelah menyiapkan alat dan bahan, maka langkah-langkah selanjutnya adalah:

1. Remas kacang kedelai yang sudah direndam selama satu malam di dalam panci hingga pecah.
2. Masukkan kacang kedelai yang sudah bersih ke dalam blender. Tuang air secukupnya, dan blender kedelai hingga lembut dan halus.
3. Setelah bentuk kedelai menyerupai susu, tuang ke dalam panci dan rebus kedelai sampai mendidih.
4. Sambil menunggu kedelai mendidih, siapkan baskom besar.
5. Jika busa sudah muncul pada rebusan kedelai, berarti sudah akan matang. Tuang air dingin pelan-pelan dan kecilkan api kompor.
6. Setiap kali muncul busa pada rebusan kedelai, tuangkan air dingin. Rebus terus kedelai sampai busanya habis.
7. Setelah busa habis, diamkan hasil rebusan tersebut di atas kompor menggunakan api kecil, selama kurang lebih 20 menit.
8. Matikan kompor, biarkan rebusan mendingin.
9. Siapkan saringan yang sudah dilapisi serbet makan atau kain di atasnya.
10. Saat rebusan kedelai mulai dingin, saring rebusan tersebut. Peras ampas rebusan hingga airnya keluar semua.
11. Ampas dapat dimanfaatkan untuk masakan lain, jadi jangan dibuang.
12. Rebus air hasil saringan di kompor dengan menggunakan api sedang, jangan sampai mendidih.
13. Susu kedelai tersebut diangkat dari kompor, lalu tuang 100 ml cuka ke dalamnya, aduk-aduk sebentar, diamkan 30 menit.
14. Setelah didiamkan setengah jam, perhatikan susu kedelainya. Jika proses benar, maka susu akan terpisah menjadi dua bagian, yaitu calon tahu dan air.
15. Saring calon tahu tersebut kembali dengan serbet sampai airnya keluar semua.
16. Susun di cetakan, dan tindih dengan menggunakan pemberat, biarkan selama 15-20 menit.
17. Tahu siap dipotong dan dimasak.

Memang membuat makanan ini membutuhkan proses yang lama dan kehati-hatian, namun dengan membuat tahu sendiri, ada rasa kebanggaan saat menyajikannya bagi anggota keluarga. Anda bisa mengolah tahu buatan tangan Anda dengan berbagai macam resep yang beredar. Tahu bisa digoreng, dibuat oseng-oseng, dibacem, dan lain-lain. Selamat membuat tahu!

No comments:

Post a Comment