Resep Ikan Bumbu Kuning

Penyuka dan penikmat makanan sunda? Pasti anda penasaran dengan resep ikan bumbu kuning yang begitu nikmat untuk disantap di siang hari. Tetapi tetap saja banyak dari kita yang merasa tidak yakin dengan masakan kita sendiri. Alasan utamanya tentu karena ketika memasak sendiri rasanya tidak selezat masakan restoran. Padahal sebenarnya jika mau sedikit mengulik rahasianya, anda dapat menemukan kelezatan masakan restoran pada masakan anda sendiri.

Resep Ikan Bumbu Kuning

Rahasia pertama dari masakan ini tentu bahan yang digunakan. Jika yang anda ketahui bahwa bahan masakan ini hanyalah dari ikan laut, tanpa mengetahui apa jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang biasa digunakan dalam resep yang disajikan oleh restoran-restoran terkenal:

·      Ikan gabus,
·      Ikan tongkol,
·      Ikan lele,
·      Ikan bawal,
·      Ikan gurame.

Jika anda cermati, jenis ikan diatas tidak hanya ikan-ikan air tawar tetapi juga ikan laut. Baik ikan tawar maupun ikan laut, dua-duanya dapat menjadi masakan yang lezat dikecap lidah. Namun yang pasti anda harus tau cara mengolahnya. Dua-duanya membutuhkan kucuran air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis maupun lendir yang ada pada ikan.

Kali ini kita kasih resep Khusus untuk lele, ada beberapa resep yang memberikan saran untuk menggoreng lele dengan tepung berbumbu dulu sebelumnya. Setelah rahasia memasak ikannya, berikut ini akan diberikan bumbu-bumbu yang harus anda siapkan untuk membuat masakan semakin nikmat, yaitu:

1.     Serai 1 batang dan lengkuas sepanjang 1 cm, dimemarkan.
2.     Daun salam 1 lbr, cabe merah dan hijau masing-masing 1 buah dan diiris kasar.
3.     Bawang putih 1 butir dan diparut, dan garam 1 sendok teh.
4.     Jeruk nipis 3 sendok makan atau secukupnya.
5.     Dihaluskan : kemiri 4 btr, kunyit 2 cm, jahe 1 cm, cabe merah 2 buah, bawang merah 6 siung, bawang putih 4 siung.

Setelah menyiapkan bumbu dan bahan-bahan diatas, jangan lupa untuk menyiapkan air secukupnya. Dalam menu ini, sebelum ikannya dimasak baik dengan dibakar atau digoreng terlebih dahulu, lebih dulu campurkan dengan bahan 2 sampai 4. Fungsinya tentu untuk membuat ikan semakin gurih dan juga menghilangkan amis baunya. Berikut ini langkah-langkah memasak ikan bumbu kuning secara lengkap:

-   Setelah ikan dicampur dengan ketiga bahan tadi, maka setelah itu tinggal anda goreng ataupun bakar. Baik menggunakan tepung juga tidak masalah, tinggal digulung-gulung dengan tepung dan digoreng. Namun ada baiknya sebelum digoreng atau dibakar, setelah dicampur dengan ketiga bahan diatas, ikan tersebut didiamkan dulu antara 10-15 menit.
-    Untuk bahan nomor 1 dan 5, tumis sampai harum dan tambahkan air lalu didihkan. Setelah itu baru masukkan ikan. Tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai selera. Tunggu hingga bumbu meresap dan sedikit asat kemudian matikan api dan angkat wajan.

Terkadang banyak dari para ibu yang ketika merasa tidak percaya diri dengan rasa dari masakan ini menambahkan penyedap rasa pada masakan. Padahal sejatinya yang perlu hanyalah menambahkan garam dan gula secukupnya sampai masakan terasa nikmat. Untuk menambah masakan semakin gurih, bisa ditambahkan kemiri. Namun anda harus ingat, jika terlalu banyak juga akan membuat masakan sedikit agak getir. 

No comments:

Post a Comment