Resep Bumbu Gado-Gado

Menyajikan resep bumbu gado-gado dengan cepat dengan cita rasa spesial, pasti akan banyak diinginkan oleh setiap orang. Bagi orang Indonesia, nama kuliner gado-gado, sudah sering dan banyak kita dengar bagaimana rasa dan bentuknya. Namun sangat jarang kita bisa mempraktekkannya dirumah, karena mungkin bahan-bahan yang harus disiapkan cukup banyak dan membutuhkan proses agak lama. Padahal bila kita mau sedikit berusaha, makanan khas Indonesia ini akan bisa kita nikmati dirumah bersama keluarga.

Resep Bumbu Gado-Gado

Disamping itu untuk membuatnya, maka bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup murah, komposisi makanan ini juga termasuk menyehatkan karena lebih banyak berisi sayuran segar dan juga bahan-bahan lain yang mengandung protein bagi tubuh. Apalagi jika resep ini dibuat sendiri dirumah, tentu dari sisi kebersihan dan kehigienisan bahan ataupun bumbu akan terjaga dengan baik. Untuk dapat membuat resep ini, anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

·      Tahu putih yang sudah digoreng secukupnya,
·      Tempe goreng secukupnya juga,
·     Taoge, kacang panjang serta bisa juga ditambahkan kol yang sudah dihilangkan daunnya, masing-masing siapkan 150-200 gram,
·      Daun selada beberapa potong (secukupnya),
·      1 buah mentimun yang sudah dikupas kulitnya,
·      1 buah tomat merah segar,
·      1 butir telur rebus yang sudah dikupas,

  Untuk bumbu atau saus kacangnya, anda bisa menyiapkan:
-  5 siung bawang putih, Cabe merah beberapa buah (sesuai selera), 4 lembar daun jeruk purut yang kemudian dihaluskan,
-  250 gram kacang tanah kupas yang sudah disangrai (bila kesulitan bisa langsung dibeli yang sudah jadi), kemudian haluskan,
-  500 ml santan kelapa,
-  50 gram gula merah yang sudah diiris tipis-tipis,
-  1 sdt air rendaman asam jawa,
-  Garam dan minyak goreng secukupnya.

Cara memasak.

1. Untuk saus atau bumbu kacang, tumislah bumbu yang sudah dihaluskan dalam minyak goreng secukupnya hingga harum. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan dan santan, kemudian aduk-aduk hingga mendidih. Kemudian masukkan gula merah, air asam jawa serta garam secukupnya, lalu diaduk merata hingga gula larut dalam adonan yang mendidih. Setelah larut, angkat dan sisihkan.
2. Taoge, kacang panjang yang dipotong kecil-kecil serta kol, dicuci lalu dimasak dalam air mendidih sebentar saja atau cukup disiram dengan air mendidih agar kandungan vitaminnya tidak ikut terlarut. Setelah itu sisihkan.
3. Potonglah tahu dan tempe tipis-tipis secara acak,
4. Cuci daun selada, tomat dan mentimun hingga bersih kemudian potong-potong tomat dan mentimun sesuai selera.

Resep ini bisa didukung pula dari segi penyajian, akan lebih menarik bila anda menaruh dalam wadah sendiri-sendiri antara saus kacang, dan bahan-bahan gado-gado yang sudah anda siapkan. Untuk susunannya anda bisa meletakkan daun selada terlebih dahulu, kemudian diikuti irisan tahu, tempe, taoge, kacang panjang serta kol dalam satu piring tersendiri. Kemudian hiasi dengan irisan telur rebus yang sudah dibelah beserta tomat yang juga telah diiris.

Selanjutnya untuk menaburkan atau menyiramkan bumbu saus kacang, anda bisa membantu anggota keluarga untuk melakukannya. Namun jika mereka bisa melakukannya sendiri, tentu mereka punya selera tersendiri dalam menyiramnya. Sebagai pelengkap anda juga bisa menambahkan kerupuk-kerupuk kecil serta sambal bila ada yang menyukai rasa pedas. Dengan tambahan lontong atau nasi di dalam resep ini, maka hidangan ini akan cocok sebagai menu makan siang yang nikmat.

No comments:

Post a Comment