Cara Memasak Nasi Kapau

Nasi Kapau merupakan nasi ramas khas nagari Kapau, Sumatera Barat. Kuliner yang satu ini pada dasarnya terdiri dari nasi, sambal, lauk pauk serta beragam gulai khas Kapau. Sebenarnya Nasi Kapau sebagai corak masakan Padang dengan karakteristik tersendiri yang sedikit berbeda dengan masakan Padang pada umumnya. Kebanyakan warung Nasi Kapau menyajikan menu kuliner yang satu ini lengkap bersama dengan 40-an menu pelengkap nasi. Tetapi untuk lebih mudahnya, berikut cara memasak Nasi Kapau ala dapur rumah sendiri.

resep ini bisa diawali dengan mulai memasak gulai, lauk serta sambal. Karena pada dasarnya nasi kapau ini tampilannya memang sangat lekat dengan gulai dan lauk khas Kapau atau aneka masakan Padanh.

Cara Memasak Nasi Kapau

  Gulai pelengkap nasi Kapau:

·         Gulai sayur cubadak (nangka),
·         Gulai ikan,
·         Gulai usus (tam­bunsu),
·         Gulai tunjang (kikil kaki kerbau atau sapi),
·         Gulai cancang (daging dan tulang kerbau),
·         Gulai babek (babat), dan gulai-gulai lainnya.

  Lauk pelengkap nasi kapau:

·         Ayam panggang,
·         Teri balado,
·         Tongkol balado,
·         Dendeng balado,
·         Goreng belut,
·         Itiak lado ijau,
·         Ayam goreng,
·         Ayam bumbu,
·         Ayam lado ijau.

  Sambal pelengkap nasi Kapau:

·   Sambal yang biasa digunakan adalah sambal hijau. Untuk membuat sambal hijau, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  Tumbuk kasar 5 buah cabai hijau segar, 3 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, ¼ sendok teh garam dan ¼ sendok teh gula pasir. Sajikan.

Sebenarnya resep ini memiliki khas tersendiri yang mungkin sedikit lebih menantang untuk diikuti. Karena konon beras yang digunakan pun merupakan beras Kapau dan bukan sembarangan beras. Proses kuncinya terletak pada penyajian aneka gulai dengan kuah kental berwarna kuning dengan bumbu-bumbu khas yang lezat. Selain itu, semua masakan yang menjadi pelengkap nasi Kapau memang harus menggunakan kelapa agar citarasa yang dihasilkan menjadi lebih gurih dan khas. Nasi Kapau juga umumnya disajikan bersama dengan gulai tambusu yang merupakan campuran usus sapi, telur dan tahu.

No comments:

Post a Comment