Resep Bumbu Sate

Siapa yang tidak ingin menghadirkan resep bumbu sate ayam ala madura dirumah? Tentu saja semua ibu pasti menginginkannya, apalagi bila ada anggota keluarga yang sangat gemar makan sate ini. Tidak hanya rasanya yang khas, namun bentuk sajian yang dihidangkan juga terlihat sangat menggugah selera. Bila masakan ini bisa dihadirkan sendiri dirumah, tentunya anda dan anggota keluarga yang lain dapat berhemat untuk membelanjakan uang guna membeli sate ini diluar rumah.

Resep Bumbu Sate

Sebenarnya untuk membuat bumbu sate ayam ala madura ini tidaklah sulit. Asalkan anda bisa telaten dalam proses memasaknya, maka rasa dan bentuk hasilnya nanti pasti akan mirip dengan sate aslinya. Beberapa bahan yang harus anda siapkan untuk resep ini adalah:

·  ½ kg daging ayam (bukan kulit) yang kemudian dipotong-potong kecil,
·  Tusuk sate dari bambu atau bahan lain secukupnya (+ 10 buah),
·  Nasi atau lontong sesuai yang menjadi favorit anda,
·  1 buah jeruk nipis yang dibelah/dibagi menjadi dua,

Untuk bumbunya, anda harus mencampur bahan-bahan berikut:
-  3 siung bawang merah dan bawang putih,
 - 150-200 gram kacang tanah yang sudah digoreng bersama lapisan kulit tipisnya, 
 - 2 sendok makan kecap manis,
-  2 buah kemiri,
-  Gula merah secukupnya,
-  150 ml air kaldu ayam,
-  Minyak goreng serta garam secukupnya.

Cara mengolah.

1. Untuk bumbunya, anda bisa menguleg atau menghaluskan bahan-bahan bumbu diatas kecuali air kaldu dan minyak. Setelah bumbu halus, panaskan minyak secukupnya kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga berbau harum, lalu tuangkan air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental. Setelah dirasa cukup, kemudian angkat.
2. Untuk daging ayam, sebelum dibakar, campurkan daging yang telah ditusuk-tusuk dengan sedikit adonan bumbu kacang yang sudah jadi dengan kecap manis. Setelah merata, panggang atau bakarlah ayam hingga terlihat matang. Gunakan api yang berasal dari arang untuk membakar daging agar rasanya khas.
3. Teknik membakarnya pun juga harus diperhatikan, guling-gulingkan tusukan-tusukan daging tersebut beberapa saat, kemudian angkat sebentar lalu dicelupkan pada adonan bumbu kacang tadi. Setelah itu bakar lagi hingga matang. Agar bumbu kacang meresap pada daging ayam, lakukan langkah ini beberapa kali sebelum didapatkan daging yang matang.
4.  Agar rasanya terasa lebih mantap, anda bisa membuat sambal bawang sebagai pelengkap dengan cara menumis bawang putih secukupnya hingga setengah matang. Setelah itu campur bawang putih tersebut dengan garam serta cabe merah sesuai keinginan anda, kemudian haluskan dengan blender atau bisa juga dengan alat uleg tradisional.

Setelah daging ayam yang dibakar matang, kemudian sambal juga sudah selesai dibuat, waktunya anda menyajikan hasil olahan bumbu sate enak anda tersebut. Cara menyajikannya juga sesuai dengan selera anda. Namun akan terasa lebih kental nuansa madura bila sate ayam disajikan dengan bumbu kacang pada piring tersendiri dengan dibubuhi irisan bawang merah mentah serta sedikit tuangan kecap manis diatas bumbu.

Nasi ataupun lontong yang disajikan juga akan terasa lebih nikmat bila dihidangkan ketika masih panas-panas. Acara makan juga terasa lebih lengkap bila dinikmati bersama-sama anggota keluarga yang lain. Apalagi jika dicampurkan dengan sambal bawang yang terkenal akan rasa gurih dan pedasnya.

No comments:

Post a Comment