Resep Daging Cincang

Menu makanan resep daging cincang biasanya termasuk salah satu hidangan makanan yang tergolong berat bagi keluarga. Hal ini disebabkan kandungan lemak serta mungkin protein hewani yang berasal dari bahan dagingnya cukup tinggi, namun juga bisa bermanfaat bagi orang yang dalam masa penyembuhan setelah sakit atau pada masa pertumbuhan. Rasa masakan ini yang khas dan tentu saja mengundang selera makan, biasanya akan sangat cocok bila dihidangkan ketika sedang ada perjamuan dirumah ataupun kantor.

Resep Daging Cincang

Bila anda belum cukup mengenal menu ini, perlu diketahui bahwa untuk membuat daging cincang biasanya mempunyai komposisi bahan daging yang disiram dengan kuah santan kental mirip seperti gulai yang sering kita lihat. Daging yang digunakan biasanya juga daging yang mempunyai banyak kandungan lemak seperti kambing maupun sapi. Secara lebih lengkap, sebagai bahan-bahan menu ini anda dapat menyiapkan:

·  750 gram daging sapi, akan lebih bagus bila dicampur dengan yang bagian yang berlemak atau bisa juga tetelan/tulang daging,
·  1 liter air bersih, yang akan digunakan untuk merebus,
·  2 ruas lengkuas dan 2 batang serai yang sudah dimemarkan,
·  5 lembar daun jeruk purut,
·  3 lembar daun salam,
·  2 sdm kecap manis,
·  minyak goreng secukupnya untuk menumis,

Adapun untuk bumbu yang harus dihaluskan anda harus siapkan:

·  8 butir bawang merah,
·  4 siung bawang putih,
·  4 buah cabai merah,
·  8 butir kemir dan 1 sdt adas manis yang sudah disangrai,
·  ¼ butir pala,
·  ½ sdt merica bulat,
·  garam secukupnya.

Cara memasaknya.

1. Rebuslah daging yang sudah dibersihkan sampai cukup empuk, kemudian angkat lalu dipotong-potong kecil atau bisa juga dicincing secara kasar. Setelah itu, rebuslah kembali irisan daging tersebut hingga air mendidih dan daging lebih empuk.
2. Didihkan minyak secukupnya, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama lengkuas, serai, daun jeruk purut serta daun salam, kemudian tumis hingga muncul bau harum yang mengundang selera.
3. Setelah dirasa cukup, masukkan tumisan ini ke dalam air rebusan daging yang sedang mendidih ditambahkan dengan kucuran kecap manis secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga merata.
4. Agar bumbu semakin meresap pada daging, anda bisa mengecilkan api pada kompor sambil terus mengaduk-aduk masakan hingga kuah lama kelamaan menyusut serta daging yang ada didalamnya sudah terasa sangat empuk.

Untuk proses terakhir, mungkin anda akan memerlukan waktu yang relatif cukup lama, karena disamping api yang digunakan jadi diperkecil, kita harus rajin mengaduk masakan agar kuah dan daging tidak lengket pada alat masak atau terjadi masakan menjadi gosong. Setelah kuah dirasa telah mulai menyusut dan bumbu sudah terlihat mencampur pada daging dengan sempurna.

Untuk cara penyajiannya, agar terasa lebih sedap jika menu ini disajikan dengan nasi yang panas serta sambal yang tepat. Bila anda sedang mempunyai masalah dengan masakan berlemak, jangan terlalu khawatir, karena dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk atau mangga setelah memakan menu ini, akan dapat menetralisir kandungan lemak yang sudah anda konsumsi. Disamping itu, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sayuran sehat yang segar, sehingga resep ini tidak membawa pengaruh negatif untuk kesehatan anda.

No comments:

Post a Comment