Cara memasak Terong Balado khas padang

Kekayaan kuliner Indonesia memang tidak bisa lepas dari yang namanya rasa pedas. Lidah orang Indonesia sudah terbiasa dengan masakan pedas karena hampir semua makanan khas daerah di penjuru Indonesia memiliki cita rasa pedas. Termasuk terong balado. Masakan khas Padang satu ini dibuat dari terong yang dimasak dengan bumbu cabai tanpa tambahan apapun. Meskipun terlihat sederhana namun Terong Balado memiliki rasa yang nikmat bila hanya dimakan dengan nasi hangat. Berikut adalah cara memasak Terong Balado khas padang:
Cara memasak Terong Balado khas padang, rese terong balado padang

Bahan:
Terong ungu 4 buah

Bumbu halus:
1.     4 siung bawang merah
2.     2 siung bawang putih
3.     10 buah cabai keriting
4.     10 buah cabai merah besar
5.     2 buah tomat merah
6.     Garam secukupnya
7.     Gula secukupnya

Langkah membuat Terong Balado:
1.     Bumbu halus kecuali garam dan gula diulek hingga halus, lalu baru ditambahkan garam dan gula sesuai selera
2.     Iris terong dengan memanjang menjadi 4 bagian, satu buah terong bisa menjadi 8 potongan atau Anda bisa menyesuaikan panjang terong sesuai keinginan
3.     Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang kemudian masukkan terong, tunggu hingga terong matang lalu matikan apinya

Ada beberapa tips yang untuk memasak Terong Balado agar rasanya lebih enak. Tips pertama adalah sebaiknya Anda menyiapkan bumbu halus terlebih dahulu baru memotong terongnya. Hal ini karena daging terong mudah sekali berubah warna bila terkena udara bebas seperti pada apel. Atau Anda bisa merendam terong yang sudah dipotong ke dalam air lalu ditiriskan ketika sudah mau dimasak. Tips yang kedua adalah membakar sebentar terong yang sudah dipotong dengan wajan atau Teflon tanpa minyak sebelum dimasukkan bersama dengan bumbu halusnya. Hal ini untuk mengeluarkan rasa terong yang khas lebih baik agar tidak tertutup dengan sambal balado. Tips yang ketiga adalah menambahkan teri ke dalam Terong Balado agar rasanya lebih gurih dan nikmat. Sebelum dicampur, ikan teri terlebih dahulu digoreng hingga kering dengan minyak panas lalu dimasukkan bersama dengan terong ke dalam tumisan bumbu halus.
Apabila terongnya dibakar lebih dahulu nilai gizinya akan lebih tinggi daripada digoreng dengan minyak. Satu porsi terong bakar mengandung 18 kalori dan lemak 0 gram sehingga Terong Balado yang terongnya dibakar aman bagi yang sedang diet. Terong juga kaya akan kandungan gizinya dan baik untuk kesehatan jantung, membantu perkembangan otak agar mengingat lebih baik, menurunkan berat badan karena rendah kalori, melancarkan pencernaan, menurunkan gula darah, membuat kulit lebih bercahaya dan menyehatkan kulit kepala.
Terong mengandung niasin atau vitamin B3 yang fungsinya adalah memecah lemak, protein, karbohidrat, dan alkohol menjadi sumber energi. Selain niasin, terong juga mengandung riboflavin yang bekerja sama dalam enzim di dalam tubuh untuk mengeluarkan racun baik dari sisa zat makanan maupun obat-obatan keluar tubuh. Sel-sel dan DNA dalam tubuh juga bisa beregenerasi dengan lancar dengan bantuan tiamin atau vitamin B1 yang terdapat dalam terong. Terong baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung 14 mg folat yang berguna untuk pembentukan sel darah merah, dan pertumbuhan janin. 
Dari nilai gizi dan kandungan yang terdapat dalam terong sudah jelas bahwa masakan yang berbahan dasar terong sangat baik untuk kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Terong Balado memang lezat dan cara membuatnya sangat mudah dan cocok untuk menu diet, namun sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena rasa pedas pada Terong Balado yang apabila dikonsumsi setiap hari akan melukai lambung dan saluran pencernaan lainnya.

No comments:

Post a Comment