Cara memasak Soto khas Padang

Masakan Padang  merupakan kuliner Indonesia yang sangat populer yang mengacu pada makanan yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Karena kepopuleran masakan Padang yang luar biasa, banyak sekali rumah makan di luar Sumatera yang menyajikan masakan ini. Ciri khas masakan Padang terletak pada rasanya yang pedas dan kaya akan rempah-rempah, agak mirip dengan masakan India. Salah satu masakan Padang yang banyak diminati adalah Soto Padang. Soto Padang merupakan soto khas Padang yang dibuat dengan kaldu sapi dan suwiran daging sapi has dalam. 

Cara memasak Soto khas Padang, resep soto padang

Cara memasak Soto khas Padang yang pertama adalah dengan menyiapkan bahan utama, bahan kaldu, bumbu halus, sebagai pelengkap adalah sambal goreng dan pelengkap lainnya.

Bahan:
1.     Air 2 liter
2.     Daging sapi has dalam 500 gram
3.     Daging sapi tetelan 250 gram
4.     Minyak goreng secukupnya
5.     Lengkuas 1 cm yang dimemarkan
6.     Daun salam 2 lembar
7.     Serai 2 batang, memarkan
8.     Daun jeruk perut 6 lembar
9.     Cengkih 2 butir
10.  Pekak atau bunga lawang 1 butir
11.  Garam 2 sdt
12.  Gula pasir 1 sdt
13.  Merica bubuk ½ sdt
14.  Suun 100 gram, rendam dalam air hangat, tiriskan
15.  Perkedel kentang

Bumbu kaldu:
1.     Bawang putih 5 siung, memarkan
2.     Ketumbar butir 1 sdt, sangrai
3.     Garam 1 ½ sdt
4.     Merica bubuk 1 ½ sdt

Bumbu halus:
1.     Bawang merah 10 siung
2.     Bawang putih 6 siung
3.     Cabai merah 2 buah
4.     Kunyit bakar 2 cm
5.     Jahe 1 cm

Sambal goreng:
1.     Minyak sayur 3 sdm
2.     Cabai merah 6 buah
3.     Bawang merah 3 siung
4.     Garam ½ sdt
5.     Gula pasir ½ sdt
6.     Semua bumbu dihaluskan lalu tumis hingga berminyak

Pelengkap:
1.     Irisan daun bawang
2.     Jeruk nipis
3.     Bawang goreng
4.     Kerupuk merah

Langkah-langkah membuat :
1.     Rebus air bersama dengan daging sapi has dalam dan daging tetelan bersama dengan bumbu kaldu sampai daging empuk. Setelah daging empuk, angkat dagingnya lalu potong tipis-tipis melebar.
2.     Goreng potongan daging has dalam dan tetelan dengan minyak yang panas hingga daging terendam minyak seluruhnya. Goreng hingga daging kering lalu angkat.
3.     Sisa minyak menggoreng daging dipakai lagi secukupnya untuk menumis bumbu halus, pekak, lengkuas, daun salam, daun jeruk, cengkih, merica bubuk, dan gula. Tumisan bumbu halus diaduk hingga wangi, lalu masukkan ke dalam air rebusan daging lalu panaskan kembali.
4.     Dalam mangkok, atur suun bersama dengan daging yang telah digoreng kering, dan perkedel. Tuangkan kuah soto ke  mangkok lalu lengkapi dengan bahan pelengkap dan sambal goreng.
5.     Resep ini bisa dihidangkan untuk 6 porsi mangkok Soto Padang.

Mengapa menggunakan daging sapi bagian has dalam? Karena bagian sapi ini yang disebut juga dengan tenderloin adalah bagian daging yang lunak sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merebusnya. Agar bumbu kaldu meresap pada daging, minimal daging direbus selama 30 menit. Selain enak, Soto Padang juga memiliki nilai gizi yang tinggi dengan daging sapi yang mengandung omega 3, vitamin B kompleks, zat besi, protein, zinc, dan selenium. Kandungan lemak pada bagian has dalam juga rendah sehingga baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol atau ibu hamil.

No comments:

Post a Comment