Cara Membuat Sambal Ayam Bakar

Menu ayam panggang atau bakar memang sangat pas jika disajikan bersama lalap sayuran segar dan sambal dengan aneka pilihan. Pada umumnya sambal yang ditawarkan untuk menemani hidangan ayam panggang atau bakar berupa pilihan sambal seperti sambal tomat, saus madu, sambal limau, sambal kecap, sambal mantah dan sambal terasi. cara membuat sambal ayam bakar atau panggang sendiri sebenarnya terbilang cukup mudah jika anda berniat membuat ayam bakar rumahan bersama keluarga tercinta.

Berikut merupakan salah satu panduan memasak sambal untuk mendampingi ayam bakar atau panggang dengan menggunakan bahan utama tomat atau yang biasa disebut sebagai sambal tomat.

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar

Bahan-bahan:

·      6 buah cabai merah keriting,
·      4 buah cabai merah besar,
·      6 butir bawang merah,
·      4 siung bawang putih,
·      1 sendok teh terasi,
·      ¾ sendok teh garam,
·      2 buah tomat,
·      ¼ sendok teh gula pasir,
·      Minyak goreng/sayur secukupnya.

Cara memasak:

1.Panaskan minyak lalu goreng cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, terasi dan tomat.
2.Angkat dan haluskan bersama gula serta garam.
3.Sajikan sambal tomat bersama ayam bakar yang masih panas atau hangat.

Selain sambal tomat anda juga bisa membuat sambal untuk ayam bakar yang lain cukup dengan mengganti bahan dasar tomat dengan terasi atau air limau. Bisa juga tanpa ditambah dengan tomat atau bahan lainnya dan tidak perlu digoreng terlebih dahulu jika ingin membuat sambal mantah. Namun, resep yang menggunakan limau bukan berarti limau harus dimasak secara bersamaan. Akan tetapi, air limau bisa ditambahkan ketika sambal sudah masak dan siap dihidangkan begitu juga halnya ketika menggunakan madu. Tetapi untuk sambal mantah bisa benar-benar disajikan dalam kondisi mantah atau bisa dikukus terlebih dahulu, cita rasa dari kedua cara tersebut memang sedikit berbeda dan lebih segar jika disajikan 100% mantah. Demikian panduan yang bisa anda ikuti, selamat mencoba dan semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment